Legenda Danau Batur

Dahulu kala, ada raksasa tinggal di Pulau Bali bernama Kbo Lwo. Orang Bali mengatakan bahwa Kbo Lwo adalah segalanya, makhluk pengancur yang hebat. Diapuas dengan makanan, tetapi bagi orang Bali makanan ini cukup untuk ribuan laki- laki.
Muncul masalah untuk pertama kalinya ketiak lumbung hampir habis dan musim panen masih lama . Itu membuat Kbo Lwo menjadi marah . Di tengah kelaparannya , dia menghancurkan semua rumah dan bahkan semua kuil. Itu membuat orang Bali marah . Jadi , mereka berencana untuk melawan kekuatan raksasa dengan kebodohannya sendiri.
Mereka ingin menjebak Kbo Lwodengan membuat sumur yang sangat dalam , dan membangun kembali semua rumah dan kuil yang telah dihancurkan oleh Kbo Lwo .Setelah mereka memberi makan Kbo Lwo , dia mulai menggali lubang yang dalam. Suatu hari dia makan terlalu banyak , dia tertidur di dalam lubang. Orang tertua di desa membari tanda , dan orang- orang desa mulai melempari batu kapur yang mereka kumpulkan kedalam lubang . Batu Kapur membuat air di dalam lubang mendidih. Kbo Lwo terkubur hidup – hidup. Air dari dalam sumur terus menyembur dan menyembur sampai akhirnya meluap dan membentuk Danau Batur. Gundukan tanah bekas galian sumur Kbo Lwo di kenal dengan nama “Gunung Batur”.

Tidak ada komentar: